Sunday, November 1, 2009

INFORMASI


Dinfinisi Data dan Informasi

Masih banyak masyarakat yang masih mencampuradukkan pengertian antara data dan informasi. Keudanya selah-olah sama saja, padahal kedua hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda.

Difinisi data.

Data adalah serangkaian angka-angka dan dapat juga berupa huruf-hurup, atau fakta-fakta dan statistik dalam bentuk kumpulan sinyal atau simbol yang tidak berkaitan dengan penggunaan macam apapun dan belum ditafsirkan. Jadi data adalah bahan mentah yang menajdi dasar untuk mengembangkan informasi.

Definisi Informasi

Informasi adalah dari asal kata dalam bahasa inggris “to inform” adalah data yang telah disaring, dianalisis, ditata, disampaikan dalam bentuk yang berguna untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Berbagai macam informasi dibutuhkan untuk berbagai kegunaan, jadi informasi tertentu berkaitan dengan penggunaan tertentu.

Jadi secara singkat, kalau data adalah angka-angka dan bahan mentah lain dari inormasi yang belum mengalami proses pengolahan. Sedangkan Infornasi adalah hasil dari pengolahan data-data yang sangat berguna bagi organisasi.

Tiga karateristik dasar informasi

1. Dari perspektif Sistem Pengendalian Mamanjem, informasi adalah ia merupakan produk yg mengurangi ketidak pastian mengenai tindakan apa yang perlu dilakukan atau menyakinkan pengambil keputusan tentang tindakan-tindakan terdahulu yg pernah di ambil.

2. Ia dapat berfungsi sebagai suatu fungsi penyadar (awarness function).

3. Ia dapat berfungsi sebagai suatu fungsi evaluasi.

Nilai Informasi

Sistem yg optimal = selisih total antara nilai harapan informasi yg diberikan oleh sistem dan biaya untuk mendapatkan informasi adalah maksimal.

Informsi Pengendalian Manajemen

Dalam pengendalian manajemen, informasi digunakan untuk:

Ø Perencanaan

Ø Koordinasi

Ø Evaluasi

Indormasi Untuk Perencanaan

n Informasi yang membantu untuk sistem ini adalah informasi yang berorientasi ke masa depan, dan sebagian besar dari informasi ini diperoleh dari sumbersumber luar, dan pengalaman masa lalu organisasi

n Sistem Pengendalian Mamanejemn mengumpulkan informasi dari sumber:

1. Catatan harian interen kegiatan organisasi

2. Kegiatan-kegiatan pesaing

3. Perkembangan dalam industri

4. Keadaan ekonomi secara umum.

Informasi Untuk Koordinasi

n Sebagian besar berupa informasi untuk mengurangi ketidak-pastian.

n Menungjang kerja yang efektif dan efisien, informasi harus setepat mungkin. (berlebihan atau Kekurangan tidak baik).

n Informasi koordinasi menggunakan:

ü Angka-angka untuk anggaran

ü Standar

ü Sasaran

Cakupan Informasi Pengendalian

Secara konseptual, cakupan informasi pengendalian manajemen tidak ada batasanya secara formal. Ia dapat meliputi segala macam informasi, sepanjang nilainya selih daripada biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkannya, sepanjang ia berguna untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Menganggap sistem pengendalian manajemen sebagai sistem pengolahan informasi seringkali membuat kita terlalu mementingkan pengolahan secara teknis dan melupakan makna dari informasi itu sendiriyang terus meneur berubahdan seringkali tidak mungkin ditangani secara rutin. Tetapi keduanya, makna informasi dan prosesnya – perlu dipadukan untuk memastikan tersusunya sistem pengendalian manajemen yang ekonomis, efektif, dan bermakna.

No comments:

Post a Comment